Jumat, 19 April 2013

Fasha Sedih Melihat Rumah Warga Beralaskan Tanah

JAMBI – Hati siapa yang tak merasa miris, begitu melihat warga menderita, dan masih hidup dalam keterpurukan. Itulah yang dirasakan H Sy Fasha begitu mengunjungi  rumah seorang warga di kawasan Kenali Asam, Kecamatan Kotabaru, Kemarin (18/4) siang.

Calon Wali Kota Jambi periode 2013-2018 ini langsung terenyuh hatinya melihat  kondisi rumah warga yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.  Fasha blusukan ke rumah bapak yang punya tiga anak ini tanpa disangka-sangka pemilik rumah.  Rumah warga tersebut berdinding papan, dan berlantaikan semen yang sudah hancur menyerupai tanah.

Tanpa ada rasa sungkan, pria kharismatik ini melihat kondisi rumah warga tersebut. Sang pemilik rumah juga tidak menyangka, dan tanpa diberitahu terlebih dahulu kalau rumahnya akan didatangi  calon Wali Kota Jambi yang dulunya juga berasal dari masyarakat kelas bawah.

Pemilik rumah ini langsung menumpahkan keluh kesahnya, dengan kondisinya yang hidup di bawah garis kemiskinan. Dari mulut orang tua inilah tercetus kalau dirinya sudah bosan dengan janji-janji para elit-elit politik yang hanya sekedar memberi janji, ketika dirinya belum terpilih menjadi pejabat.

"Ngapo dak dari dulu jamkesmas ( kartu berobat warga miskin) ini dapat. Kayaknyo lagi sibuk nak nyalon ado bae yang dikasihnyo. Mereka ini pasti ado maunyo," kata bapak in berkeluh kesah di depan Fasha.

Pria ini juga mengeluh masalah pendidikan anaknya yang tetap saja dimintai sumbangan. Padahal anaknya menempuh pendidikan di sekolah negeri.“Anak sayo masih bayar SPP, uang pembangunan.  Padahal sekolah negeri. Untuk jaminan kesehatan kami  baru saja mendapatkannya di saat sibuk ingin jadi calon wali kota,” katanya.  

Fasha sendiri mengatakan kepada bapak ini kalau dirinya tidak bisa berbuat apa-apa, karena dirinya bukan pejabat atau pemimpin Kota Jambi ini. Namun, Fasha sangat berterima kasih atas informasi yang didapatkannya ini.

“Seperti ini bisa jadi masukan dan sesuai visi misi saya. Makanya saya datang secara mendadak menanyakan apa keluhan warga kalangan bawah sebenarnya,” kata pria yang ikut Pilwako Jambi  berpasangan dengan Abdullah Sani yang berlatar belakang ulama itu.

Fasha sendiri dalam misinya membangun Kota Jambi juga sangat memperhatikan bidang pendidikan. Ia akan membuat pendidikan yang murah dan berkualitas, beasiswa bagi yang berasal dari keluarga tidak mampu tapi mempunyai prestasi  yang baik. Serta tak lupa meniadakan pungutan uang pangkal, uang pembangunan, uang daftar ulang dan pungutan-pungutan lain yang memberatkan masyarakat.