Senin, 08 Juli 2013

Produk UKM Jambi di Toko Kayo Anugrah


JUAL PRODUK KHAS JAMBI : H. SY. FASHA, ME melakukan pengguntingan
pita pada peresmian Toko Kayo Anugrah yang menjual produk UKM khas Jambi.
JAMBI – Masyarakat Jambi maupun masyarakat luar daerah Jambi yang sedang berkunjung ke Jambi saat ini tidak perlu pusing-pusing lagi mencari buah tangan maupun suvenir untuk oleh-oleh. Kini telah hadir Toko Kayo Anugrah yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman No 49, Thehok yang menyediakan aneka makanan ringan khas Jambi yang diolah dengan memanfaatkan kekayaan alam lokal Jambi. Selain itu juga ditawarkan aneka hasil perkebunan, peternakan, perikanan serta hasil kerajinan dan fashion yang cocok dijadikan oleh-oleh. Toko Kayo Anugrah sendiri adalah milik Ermita pemilik brand Kayo Anugrah yang sebelumnya menawarkan produk telor asin rendah kolesterol.



Peresmian Toko Kayo Anugerah dilangsungkan kemarin (7/7) pukul 17.00 oleh walikota terpilih, H. SY. Fasha. Dalam sambutannya, Fasha menyatakan apresiasi atas dibukanya toko yang secara khusus menawarkan aneka produk unggulan khas Jambi. “Seperti kita ketahui, hingga saat ini Jambi memang belum dikenal apa yang menjadi ciri khasnya. Baik makanannya maupun suvenirnya. Sehingga Kayo Anugerah ini menjadi pelopor yang mudah-mudahan akan mempopulerkan makanan khas Jambi,” ujar Fasha.

Fasha juga menyoroti hasil makanan ringan yang ditawarkan. Menurut Fasha, pelaku usaha maupun masyarakat Jambi lainnya, harus lebih kreatif dan inovatif sehingga bisa menghasilkan makanan ringan yang layak dan berdaya saing dengan provinsi lain. “Harus jeli dan dibandigkan dengan makanan daerah lain, misalnya dari segi kemasan. Karena kemasan ini sangat penting untuk menarik pembeli dan pantas dijinjing untuk buah tangan,” sambungnya.

Fasha juga menantang pelaku usaha untuk kreatif mengolah kkayaan alam khas Jambi sehingga tercipta makanan khas yang menjadi unggulan. Seperti nanas tangkit yang seindonesia tahu dan mengakui bahwa nanas tangkit memang produk unggulan Jambi. “Silakan olah nanas tangkit ini menjadi produk unggulan. Saya menantang anda sema untuk bisa menciptakan menu atau produk unggulan bebrbasis nanas tangkit,” ujarnya, lagi.

Terpisah, Agus Syarif, menyatakan serupa. Kehadiran Kayo Anugrah yang secara khusus menyediakan makanan khas dan suvenir khas Jambi seakan menjadi oase tersendiri. “Kayo Anugrah ini menjadi wujud dari keinginan kita bersama akan ketiadaan buah tangan yang layak dijinjing dari Jambi. Selain itu dengan adanya Kayo Anugrah ini kita bisa mengenalkan aneka produk kreatif buatan anak Jambi yang sangat inovatif dan menginspirasi,” ujarnya.

Setelah pengguntingan pita yang dilakukan oleh Fasha dan istri, acara dilanjutkan dengan peninjauan aneka barang yang dipajang dietalase. Fasha tak segan untuk mencicipi aneka penganan yang ditawarkan. Bahkan sang istri, Yuliana Fasha, menyempatkan diri berbelanja beberapa makanan ringan dan madu khas hutan Jambi. Terpisah, owner Kayo Anugrah, Ermita menyatakan rasa syukurnya atas peresmian toko pertamanya itu. “Mudah-mudahan kehadiran Toko Kayo Anugrah ini menjadi jawaban dan memudahkan masyarakat mencari oleh-oleh khas Jambi,” ujarnya.

Sumber : Jambi Independent